Minggu, 24 April 2016

SEKILAS TENTANG SEJARAH PUJUT

                                              SEKILAS TENTANG SEJARAH PUJUT







Pujut merupakan wilayah kedatuan (kerajaan kecil) yang diperkirakan berdiri pada tahun caka 1255 ,perkiraan tahun berdirinya kedatuan pujut ini diambil dari sumber lontar yang berbahasa sasak berbunyi “Kengkang Pelapak Gedang Lembah Gunung Pujut dait Gunung Tengak dait Pelembah Polak Due”. Kengkang melambangkan angka 1, Pelepak Gedang Polak melambangkan angka 2, Gunung Pujut melambangkan angka 5 dan Gunung Tengak melambangkan angka 5, sehingga jika angka ini digabungkan akan membentuk angka caka 1255.

Kedatuan pujut didirikan oleh seorang bangsawan Majapahit yang bernama Ame Mas Meraje Mulie dan menikah dengan puteri kerajaan Kelungkung Bali. Setelah melangsungkan pernikahan oleh mertuanya Ame Mas Meraje Mulie disuruh oleh mertuanya untuk bersemedi di sebuah pulai ditimur Bali, pulau itu sekarang di sebut Nusa Penide (Penida berasal dari kata Penede artinya tempat memohon kepada Tuhan YME). Dalam semedinya beliau mendapat wangsit untuk berlayar ketimur dan apabila dalam pelayaran tersebut melihat cahaya di daratan maka disanalah tempat tinggalnya. Berdasarkan wangsit tersebut akhirnya bersama istri dan pengiringnya melakukan peleyaran ke arah timur dan akhirnya menemukan tanah petunjuk tersebut yaitu disebuah Bukit didataran bagian selatan Lombok yang kita kenal sekarang sebagai Gunung Pujut.

Mas Meraje Mulie menganut paham Shiwa-Budha yang menjadi agama resmi di Majapahit, dengan demikian maka setibanya di Gunung Pujut ia mendirikan tempat pemujaan Shiwa-Budha yaitu Diwe Dapur, Diwe Pujut, Diwe Peringge dan Diwe Jomang dan membuat kampung bernama Tuban untuk mengenang asalnya dari Kadipaten Tuban Wilayah Kerajaan Majapahit. Kalau memang betul Ame Mas Meraje Mulie berasal dari Kadipaten Tuban maka dapat dipastikan bahwa ia masih merupakan keturunan Raja Daha Kediri dari garis keturunan Airlangga pendiri kerajaan Kediri.Dari hasil pernikahannya dengan Puteri Kelungkung Ame Mas Meraje Mulie memiliki satu orang putra yaittu Ame Mas Mayang. Ame Mas Mayang memiliki empat orang putra/putri yaitu Sri Meraje Tinauran, Meraje Gune, Meraje Pati dan Meraje Tinolo. Meraje Gune memiliki seorang putra yaitu Meraje Galungan dan Meraje Pati memiliki seorang putra bernama Meraje Olem. Meraje Olem inilah yang menjadi Datu Pujut yang ke empat. Meraje Olem memiliki dua orang putra/puteri yaitu Sri Mas Jaye Diguna atau biasa disebut Balok Gare dan Sri Mas Jaye Wire Sentane atau biasa disebut Balok Pait.


Pada masa pemerintahan Meraje Olem agama Islam sudah berkembang dengan pesat di seluruh Nusantara termasuk pulau Lombok yang dibawa oleh para Waliyullah dari tanah Jawa atau biasa dikenal dengan nama Wali Songo. Meraje Olem suatu ketika berangkat ke tanah Jawa untuk mengunjungi tanah leluhurnya dan disana Meraje Olem sangat tertarik dengan agama Islam sehingga ia memeluk agama Islam dan belajar kepada Wali Songo. Setelah mempelajari Islam Meraje Olem kembali ke Pujut dan mengajarkan ajaran Islam kepada rakyatnya. Dibantu oleh Wali Yatok ia menyebarkan agama Islam tidak saja kepada masyarakat Pujut tetapi juga kepada kedatuan-kedatuan disekitarnya.

Sebagai tempat ibadah maka pada tahun caka 1509 atau 1587 M atau 1008 H  Meraje Olem mendirikan Masjid di puncak Gunung Pujut (pada ketinggian 400 mdpl). Masjid Gunung Pujut sendiri memiliki desain arsitektur yang unik dan dapat ditandai dari bentuk atap 2 cungkup seperti masjid demak, bangunan masjid tidak memiliki jendela dengan satu pintu kayu didepan dan berdinding sangat pendek yaitu 1,5 meter sehingga untuk memasuki masjid maka harus menundukkan kepala. Bentuk arsitektur yang seperti ini barangkali memiliki makna-makna makrifat yang perlu untuk dikaji lebih dalam. Masjid Gunung Pujut memiliki ukuran 9 x 9 meter dengan empat buah tinga besar (agung) didalamnya yang menyokong kuncup atap atas.


Tahun meninggalnya meraje olem tidak banyak diketahui oleh masyarakat, tetapi setelah meninggal Meraje Olem dimakamkan di sebelah utara Gunung Pujut yang biasa disebut sebagai Makam Sempane. Untuk menandakan bahwa Meraje Olem telah memeluk agama Islam maka diatas makamnya ditanami oleh 9 buah pohon Kamboja yang sampai sekarang masih tumbuh dengan baik.
Masih banyak sejarah yang dapat digali terkait dengan Masjid Kuno Gunung Pujut antaranya adalah makna/simbol makrifat dalam arsitektur Masjid, kitab-kitab makrifat dalam bentuk daun Lontar, dan peran tokoh-tokoh Pujut dalam penyebaran ajaran Islam seperti Balok Gare, Balok Tui, Balok Senggal Jepun, Balok Serte, Balok Suralangu dan lain lain.

7 komentar:

  1. Inggih mksih mik angka 1255 ini berbentuk bintang sesuai alkuraan wanajmi iza hawa madolla sohibukum wama gawa,,,badeeek hehehe

    BalasHapus
  2. Inggih mksih mik angka 1255 ini berbentuk bintang sesuai alkuraan wanajmi iza hawa madolla sohibukum wama gawa,,,badeeek hehehe

    BalasHapus
  3. Majapahit Berdiri 1293
    Pujut Didirikan Keturunan Majapahit 1255 ?
    Mohon dikoreksi Tahunnya Niki Mamiq

    BalasHapus
  4. tahap penulisan sejarah
    1. heuristik
    2. kritik
    3. verifikasi
    4. historiografi

    sy mengkritik sumber sejarahnya.
    apa bukti bahwa pendiri pujut merupakan keturunan bangsawan majapahit. tahunnya juga tidak singkron miqq, sangat anakronis. penanggalan saka harus dikurangi 78 tahun. misalnya 1255 caka kurang 78 berarti 1177 M. sedangkan majapahit berdiri sekitar 1293 M.

    BalasHapus
  5. Saya hanya sedang mencari asal usul wali balok tui. Asalnya darimana dan nama aslinya siapa? Mohon pencerahan jika ada yg tau mksh

    BalasHapus
  6. Apakah sejarah kedatuan pujut yang anda ceritakan ini bisa di pertanggung jawabkan,

    BalasHapus
  7. Apakah sejarah kedatuan pujut yang anda ceritakan ini bisa di pertanggung jawabkan,

    BalasHapus